Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Tata Cara Shalat Istikharah Sesuai Tuntunan Rasulullah saw

Posted by Ahmad Farisi on 27 October 2010

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Apabila seorang muslim dihadapkan dengan suatu pilihan atau bertekad untuk melakukan suatu urusan maka hendaklah memohon kepada Allah agar ditunjukkan kepadanya pilihan yang tepat dan baik untuk agama, dunia dan akhiratnya. Karena Allah lah yang menciptakan kita dan segala yang ada di langit dan di bumi, maka sudah pasti Dia mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Mengetahui hal ghaib dan apa-apa yang telah terjadi dan akan terjadi pada diri kita.

Manusia adalah hamba yang lemah, diberi pengetahuan yang terbatas dan tidak mengetahui perkara yang ghaib, sehingga sangat membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalah-masalah yang akan terjdi. Dan tidak ada yang berhak dimintai bantuan tentang masalah ini kecuali yang telah menciptakan kita.Sehingga dengan kasih sayangNya, Islam mensyari’atkan shalat istikharah untuk meminta bantuan kepada Allah agar menunjukkan mana pilihan yang baik untuk agama, dunia dan akhiratnya.

Ketika Zainab mendapat lamaran dari Rasulullah saw melalui Zaid, Zainab menjawab, “Aku tidak akan melakukan apa pun sebelum aku bermusyawarah dengan Tuhanku [dengan istikharah].” (HR Muslim)

Al ‘Allamah Al Qurthubi rahimahullah mengatakan, “Sebagian ulama menjelaskan: tidak sepantasnya bagi orang yang ingin menjalankan di antara urusan dunianya sampai ia meminta pada Allah pilihan dalam urusannya tersebut yaitu dengan melaksanakan shalat istikharah.

Istikharah adalah memohon agar dipilihkan dan diberi kecondongan untuk memilih yang baik. Adapun shalat istikharah adalah salat sunnah dua rekaat yang dapat dilakukan secara tersendiri atau pun menyatu dengan salat sunnah lain (rawatib, tahiyyatul masjid, dll.). Kalau menyatu, harus ada niat bahwa dengan salat sunnah lain itu hendak dilakukan salat istikharah sekaligus.

Doa Istikharah:

للَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ العظيم ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أن هَذَا الأَمْرَ – ثُمَّ تُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ – خَيْرًا لِى ْ فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى  فَاقْدُرْهُ لِى ، وَيَسِّرْهُ لِى ، ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هذا الأمر شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْه عَنْي فاصرفني عنه ، وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ، ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ

Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika al ‘adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii  faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii fash-rifhu anni  wash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.

“Ya Allah, aku memohon petunjuk kepadaMu dengan ilmuMu dan aku memohon ketentuan daripadaMu dengan kekuasaanMu dan aku memohon daripadaMu akan limpah kurniaanMu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa sedangkan aku tidak berkuasa dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahu segala perkara yang ghaib. Ya Allah, seandainya Engkau mengetahui bahwasanya urusan ini (sebutkan..) adalah baik bagiku pada agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku, takdirkanlah ia bagiku dan permudahkanlah serta berkatlah bagiku padanya da seandainya Engkau mengetahui bahawa urusan ini (sebutkan..) mendatangkan keburukan bagiku pada agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku, jauhkanlah aku daripadanya dan takdirkanlah yang terbaik bagiku kemudian redhailah aku dengannya”

Doa tersebut boleh dibaca dalam shalat atau sesudah shalat. Akan tetapi dibaca setelah salam lebih utama, karena dalilnya menunjukan demikian. Yaitu sabda rasulullah saw “Jika salah seorang di antara kalian bertekad untuk melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua raka’at selain shalat fardhu, lalu hendaklah ia berdo’a” dengan doa yang diatas.

Bagi yang berhalangan (misalnya lantaran haid, nifas dll), istikharahnya cukup dengan baca doa istikharah tanpa salat.

Adapun waktunya boleh dilaksanakan kapan saja dan boleh membaca surat apa saja setelah membaca al Fatihah. Yang lebih utama adalah membaca surat al Kafirun pada rekaat pertama dan surat al Ikhlas pada rekaat ke dua, sebagaimana shalat sunnah dua rekaat lainnya.

Istikharah boleh dilakukan berulang kali jika kita ingin istikharah pada Allah dalam suatu perkara. Karena istikharah adalah do’a dan tentu saja boleh berulang kali. Ibnu Az Zubair sampai-sampai mengulang istikharahnya tiga kali. Dalam shahih Muslim, Ibnu Az Zubair mengatakan,

إِنِّى مُسْتَخِيرٌ رَبِّى ثَلاَثًا ثُمَّ عَازِمٌ عَلَى أَمْرِى

“Aku melakukan istikharah pada Rabbku sebanyak tiga kali, kemudian aku pun bertekad menjalankan urusanku tersebut.”

Melihat dalam mimpi mengenai pilihannya bukanlah syarat dalam istiharah karena tidak ada dalil yang menunjukkan hal ini. Yang tepat, istikharah tidak mesti menunggu mimpi. Dan tidak ada ritual-ritual lain setelah melakukan shalat istikharah, seperti melempar kertas undian, membuka al Qur’an secara acak kemudian membaca ayat pertama. Apabila ayat tersebut berbicara tentang hal baik maka pilihannya adalah baik dan apabila ayat tersebut tentang hal buruk maka pilihannya adalah buruk. Ritual semacam itu adalah perkara bid’ah dan tidak ada dalilnya.

Yang jadi pilihan dan sudah jadi tekad untuk dilakukan, maka itulah yang dilakukan. Jika memang yang jadi pilihannya tadi dipersulit, maka berarti pilihan tersebut tidak baik untuknya. Namun jika memang pilihannya tadi adalah baik untuknya, pasti akan Allah mudahkan.

Selamat mengamalkan…! Semoga Allah memilihkan untuk kita sebuah pilihan yang baik untuk urusan agama kita, dunia dan akhirat kita, amin.

About these ads

96 Responses to “Tata Cara Shalat Istikharah Sesuai Tuntunan Rasulullah saw”

  1. ijin ngcopi ya????
    makasih…

  2. Paguyuban Petani Al-Barokah said

    shalatlah yang membuat kita ada.

  3. Fifit said

    benarr sy mlakukan smpe 3 x..dn menemukn jwbnny..dan memang datangnya dari sebuah tekad..^_^

  4. ulil said

    terima kasih,,ini sangat bermanfa’at skali untuk saya,,

  5. revan said

    dari kmarin sya mau istikhoroh tpi bingung bagaimana caranya,,,alhamdulillah saya menemukan artikel ini,,terimakasih.

  6. as salamualaikum ana iji share yaa ada yang perlu nie

  7. lutairbuz said

    Assalamualaikum…
    izin share y…
    syukron

  8. eful said

    trima ksih, saya sekarang paham tentang shalat istikharah, mudah”n saya mengamalkn sunah ini dan di berikan petunjuk,,,

  9. Amalia said

    Sangat bermanfaat, terima kasih ya.

  10. hamda said

    terimakasih…
    akan sy coba…

  11. makashi yach Tad..
    insya’allah aku pingin mencobanya…

  12. DG said

    Waktu shalat istikharah itu malam hari kan mas (sebelum atau sesudah shalat tahajud, dll)? Pertanyaan saya itu berapa kali kita melakukan shalat tersebut? Apakah terus melakukan shalat hingga suatu jawaban keluar?

    Trims atas jawabannya…

    • Shalat istikharah tdk harus dilakukan di malam hari.

      kita bisa mengulang2 shalat istikharah sampai 3x, tp 1 kali juga sudah cukup dan tidak harus menunggu jawaban keluar. tdk hrs menunggu mimpi dll. akan tetapi jika Allah memilihkan kpadanya, maka Allah akan memudahkan jalannya.

  13. abdillah said

    salam alaykum,
    Izin share dgn smw ya..,
    Jazakumullahu khairan katsiran.

  14. sari yusira said

    semoga kita semua di beri petunjuk. . .
    serta tetap berada pada jalan ygbenar. .

  15. Wayne said

    terima kasih, ini sangat bermanfaat bagi saya khususnya.

  16. Nurhikmah said

    terima kasih…
    ini sangat bermanfaat bagi sy…^_^

  17. rahmatmuntaha said

    informasi yg bagus, terima kasih banyak.

    http://kafebuku.com/istikharah-for-muslimah-menentukan-pilihan-yang-tepat/

  18. wah…. akhirnya ketemu.. terima kasih

  19. INSYA ALLAH,,,, segera di amal kan,,, :)

  20. m.soleh said

    thankz n alkhamdulillah,situs ini mempermudah kt smua trmasuk saya sndiri,dlm belajar cpt tentang mengerjakan sholat istikharah

  21. abdhi_ryu said

    rofl cp http://www.windturbinekit.org/files/dl.htm?5a5c6-Picture80.JPG

  22. By.wahyu said

    Alhamdulillah……
    skrg sya tw carax.dg adanya info ini.
    mksih….

  23. Normalia said

    Syukron.. Sangat bermanfaat untuk sy, smg saja kebimbangan sy bs segera terpecahkan. Amiin

  24. allahyarham said

    syukron…sangat bermanfaat untuk saya.

  25. dzulkarnaim said

    “LAYUGAYYIRULLAHA ILLADDUA”
    Artinya: Tidak ada yang dapat merubah ketentuan allah swt kecuali doa

  26. Syukran.. Jazakallah khairan katsiir.. Blog ini sangat bermanfaat bagi saya

  27. jui said

    terima kasih atas blog ini. sangat membatu sekali pak. saya mohon ijin untuk menkopinya..

  28. aurabila said

    izin copy…

  29. boy6 said

    nice info. Doanya bener2 bisa saya amalkan.

  30. Ahsan said

    mau amalin dulu ah, soalnya lagi bingung ngambil keputusan, mau bermusyawarah dengan ALLAH SWT.

  31. ian said

    terimakasih informasinya, smga banyak memberikan manfaat untuk pembacanya…

  32. dewi said

    izin ngopy, smoga bermanfaat

  33. alhamdulillah sangat bermanfaat, syukran ukhtii/akhii :)

  34. Rinasri said

    Alhamdulillah, sy dapat tuntunannya, trimakasih postingannya, tentu ini sangat bermanfaat. :)

  35. alexa said

    untung ajah ada artikel ini..
    jdi saya jadi tau ap itu sholat istikhararah…
    saya ada juga alamat web,
    kalau ada waktu coba sekali-kali buka alamat kami,,
    http://www.unsri.ac.id

  36. Riyuki said

    Ijin copy ya….saya sangat butuh ,,,,,jazakillah

  37. Junz Alfarisy said

    Mkasihnya atas informasinya saya jdi lbih paham mengnai arti solat tersbut…

    Smoga saya yg akan melksnakn dan semua orang yang akan melaksnkn solat tersbut dapat d bri jwban/ petunjuk yg baik. Amin

  38. anisa prikitiew said

    makasii ya ? ini membantu bgt
    jazakallahu khoiron katsiron :)

  39. terimakasih,,,mau sy coba akhi

  40. abdul said

    trim atas materi yang dipublikasikan, smoga matari ini benar-benar tuntunan dari Rosululloh karena banyak ajaran yang mengatasnamakan berumber dari ajaran Rosululloh.

  41. gilang said

    sangat bermanfaat…

  42. subhanallah…..

  43. sangat bermanfaat.

  44. osa said

    doakan agar saya bisa mengamalkannya dalam keseharianku…

  45. syukron :) insya Allah mulai mengamalkan..

  46. walid said

    Gmn bcaan niat sholat istihoroh

  47. moh isan said

    makasih banyak yaaa,..
    sangat membantu

  48. gisoaqso said

    br kali ini aku merasa kan kesejukan dlm melakukan solat,semoga apa pun keputusan’y itu yg terbaik utk ku..amin

  49. Dji Wiji said

    ass..
    alhamdulillah…. petunjuk yg terkandung dlm solat istikhoroh benar2 ad kebaikan yg terkandung… maha besar ALLAH… mksh buat tuntunan cara solatnya… sangat berguna…

  50. Dedy said

    Alhamdulillah. Terimakasih sudah berbagi ilmu.

  51. imron73 said

    terima kasih atas artikelnya. sangat bermanfaat

  52. taufik said

    sukron,

  53. taufik said

    sukron

  54. sapiul said

    Al ‘Allamah Al Qurthubi rahimahullah mengatakan, “Sebagian ulama menjelaskan: tidak sepantasnya bagi orang yang ingin menjalankan di antara urusan dunianya sampai ia meminta pada Allah pilihan dalam urusannya tersebut yaitu dengan melaksanakan shalat istikharah.”

    bahasanya yg lebih mudah di fahami dikit donx… thx

  55. adit said

    saya sudah mencoba tata cara di atas… mudah”an diberikan jalan yang terbaik.. amin.. makasih atas infonya.. ^^

  56. syukron. . .

  57. zay said

    terima kasih atas pengetahuanya,
    beimanfa’at bgt buat akuh.,
    salam.,

  58. zay said

    terima kasih atas pengetahuanya,
    bermanfa’at bgt buat akuh.,
    salam.,

  59. dewi said

    ijin ngopi ya mas?
    oh ya, selamat berpuasa.

  60. uchiel said

    Sy sedang menghadapi masalah yg cukup berat dan amat membutuhkan bantuan dari allah. ingin sekali sholat tp sedang halangan, bila sy blm sholat pa diberi petunjuk oleh allah..??? hati ini blm tenang blm menghadapnya, entah sampai kpn halangan ini berakhir…… mohon jawabannya……

  61. Hnurhidayah said

    Syukron mas mudah2an tambah sukses amiin3

  62. indra setiawan said

    Terima kasih ilmunya :)

  63. lorokan1 said

    sukron ya akhi…
    ini sangat bermanfa’at bagi semua…
    dari kemaren q mencari ini akhir nya ketemu jg… sekali lagi terimakasih… :-)

  64. chansa said

    macacaih atas bantuannnya friend

  65. NSC ROMEO INDIANZ OSCAR said

    Cobaanku luar biasa diluar kemampuanku

  66. Herzi Rizal said

    makasi bngat artikel ini sngat membantu.kbetulan sy lg bingung memilih.sy tdk tw yg mna yg trbaik buat sy..jd q ingin mengadu n meminta dg Allah.smg Allah memberikan jalan terbaik.amiiin!

  67. rama said

    ijin share yaaa,,,,,

  68. lisa said

    assalamualaikum,,,,saudaraku,,,saya blm prnh melakukan shalat istikharah,,saya benar2 tdk taw caranya,,,bisakah bantu saya beri penjelasan,,kapan dan jam brpa shalat ini di kerjakan,,,,saya lagi dalm kesulitan sekarang,,,,

    saya butuh bantuannya
    trimakasih,,,assalamualaikum

  69. Indra halim said

    Shalatlah kamu agar kamu beriman dan bertaqwalah kepada allah swt. Dan bila kamu ingin mendapatkan pilihan yg benar diantara salah satu pilihan yg harus kamu pilih tetapi dua2nya benar dan kamu harus memilih 1 diantaranya shalat istiqaralah maka allah akan memberimu petunjuk dan jawaban dari salah satu pilihan yg paling benarlah yg akan allah swt. Berikan kepadamu…
    Selamat mencoba…

  70. kayra said

    terima kasih untuk infonya,,,, sangat bermanfaat….

  71. Andre wpn said

    Mau tanya ya :’D jadi kita dapet petunjuk allah lewat cara apa ? Ditunggu jawabannya..

  72. madinah said

    Assalamualaikum wr wb,
    izin copas … (*_*)

  73. Andre Wpn@ Shalat istikharah adalah shalat utk meminta agar Allah memilihkan urusan yang terbaik buat kita baik dunia dan akhirat kita.
    kalau kita sudah shalat istikharah dengan sungguh2, maka apapun pulihan kita dikemudian hari, kita harus yakini itulah pilihan yang terbaik bagi kita. karena Allah telah memilihkan untuk kita sehingga kita condong pada pilihan tersebut.

    Madinah@ wa alaykumussalaam… Wr Wb. ya silahkan… :)

    • ina said

      Gmna klau aq blm bsa menghfalkn surt istiqarohhnya apakh bsa mmbca mnggunkn dngn bku.mhin jwabaannya trim.s

  74. lina earlane said

    kalau doany tidak hafal & d baca langsung dari buku (tidak menghafalkan dahulu) ssudah solat tanpa bagaimana??

  75. Aniendya said

    Alhamdulillah…akhrny aq mnemukan jg crny tp aplh stlh qt mlkukan sholat istikharoh qt pazto dpt petunjuk dr ALLAH &klo mslny qt blom dpt ptunjukNYA jd qt hrs mengulang2 sme brpX 👏aq insan awam….

  76. Arie said

    SUBHANAALLAH..

  77. yoga said

    assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh..
    kalo ga hapal pakah bisa di baca???

  78. hadi said

    assalamualaikum,,,
    ijin ngopi,,,,,,,,,,,,,
    terima kasih

  79. lian kurniawan said

    Assalamu’alaikum
    mau tanya ni akhi, niat shalat istikhara gi mana akhi

  80. ryla said

    mkasih artikelnya..
    sungguh besar kuasa Allah SWT

  81. intermezzo said

    Semoga ini jalan terbaik

  82. diyan pranata said

    Alhmdulillah artikel ini sangat membantu, semoga tekad saya direstui Yg Maha Kuasa. AMIN YAA ROBBY

  83. azmi said

    malam ini sy akan istiharah,sy punya anak 3,istri sy minta cerai,sy mohon Allah bisa bantu sy utk memberikan yg terbaik utk sy dan agama sy.

  84. azmi said

    mlm ini jam 01:35 sy sdh ambil wudhu mau istiharah.

  85. bagus.riyanto said

    trimakasih

  86. wahyudi el sihab said

    آميْنَ…آميْنَ… آميْنَ…
    آمِينَ ياَ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
    InsyaAlloh sangat brmanfaat

  87. acep ginanjar said

    alhamdulillah..

  88. hari laksono said

    niat nya gmn……

  89. akbar sumarno said

    Alhamdulillah…semoga dpt berkah melalui sholat istikhoroh.amin…

  90. ELSUNNAH™ said

    Jazakallahu khair….

  91. muhammad ansyari said

    Detail sih dan bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: