Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Dialog Antara Qur’an Only dan Qur’an Terjemahan Versi Google

Posted by Ahmad Farisi on 29 September 2015

IMG_20141115_193031Qur’an Only atau biasa disebut “ingkar Sunnah’ adalah sebuah kelompok yang beranggapan bahwa Al Qur’an bisa dipahami tanpa perlu adanya penjelasan lain, termasuk penjelasan dari Rasul yang biasa disebut Hadits Rasul. Bahkan menurutnya segala bentuk ibadah maupun hukum halal haram semuanya sudah tertulis di dalam Al Qur’an, jadi tidak perlu lagi mencari hukum diselain Al Qur’an. Kelompok ini menolak segala bentuk hadits dan sunnah Rasul. Berikut adalah dialog antara Qur’an Only dan Qur’an Terjemahan Versi Google.

+ Qur’an Only (QO): Cukuplah kita taat kepada Allah. Karena Ia lah yang menciptakan kita dan hanya kepadaNya kita akan dikembalikan.

– Qur’an Terjemahan Versi Google (QTVG): “Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya” (QS Al-Anfal 08: 20)

+ QO: Rasul itu hanya utusan Allah. Makanya kalau ada perkara yang diperselisihkan, kita diperintahkan untuk dikembalikan kepada Allah, yaitu Al Qur’an. Karena Al Qur’an adalah Furqon/pembeda.

– QTVG: “Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, serta ulil amri diantara kalian. Jika kalian berselisih dalam suatu hal, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir.Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya” (QS. An Nisa: 59).

+ QO: Taat kepada Rasul itu artinya disuruh taat kepada aturan Allah yang ada di Al Qur’an, karena Rasul hanya menyampaikan dan mengajarkan Al Qur’an saja.

– QTVG: “Sebagaimana ( kami telah menyempurnakan ni’mat kami kepadamu ) kami telah mengutus kepadamu rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat kami kepada kamu dan memsucikan kamu dan mengajarkan kepada kamu al-kitab dan al-hikmah serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui”. (QS. Al-Baqarah: 151)

+ QO: Allah hanya menurunkan kepada Rasul, Ahmad bin Abdullah Al Kitab saja yaitu Al Qur’an. Berarti walaupun Rasul juga mengajarkan Al Hikmah, akan tetapi yang dimaksud Al Hikmah adalah pemahaman Al Qur’an.

– QTVG: “Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Al-Kitab dan Al-Hikmah kepadamu.” (An-Nisa`: 113)

+ QO: Meskipun Allah menurunkan Al Hikmah kepada Rasul dan Rasul mengajarkannya, tapi menurutku Al Hikmah itu bukan wahyu. Dan yang perlu diingat, Rasul itu hanya manusia biasa yang ucapannya bisa salah. Sedangkan Al Qur’an itu wahyu dari Allah, sudah pasti benar. Karena itu yang bisa dijadikan hukum hanya Al Qur’an. Karena ucapan Rasul bukan wahyu.

– QTVG: “Dan dia (Muhammad) tidak berbicara menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tidak lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (Qs. An-Najm [53]:3-4)

+ QO: Ya. Tapi Allah itu yang mengatur dan membuat hukum. Allah tidak mau ada dualisme hukum. Karena Ia adalah HAKIM tunggal.

– QTVG: “Apabila dikatakan kepada mereka: “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.”

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) HAKIM terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (QS. An-Nisa: 61 & 65)

+ QO: Ya okelah, pada waktu itu Rasul masih hidup. Lha sekarang Rasul sudah mati, maka kita hanya disuruh mengikuti Al Qur’an saja. Masa mau meneladani dan taat kepada orang yang sudah mati?

– QTVG: “Kemudian Kami Wahyukan kepadamu (Muhammad), ikutilah agama Ibrahim yang hanif, dan dia bukanlah termasuk orang musyrik.” (QS. An-Nahl:123)
“Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (Al-Ahzab: 21)

+ QO: Mmmm… Rasulullah hanya meninggalkan Al Qur’an? Jadi kalau mau meneladani Rasul ya cari di Al Qur’an. Tidak perlu ada kitab-kitab lain seprti tafsir, hadits dll. Bukankah Al Qur’an sudah jelas dan terperinci? Jadi sudah tidak perlu lagi mencari penjelsan lain. Karena semuanya sudah dijelaskan Al Qur’an.

– QTVG: “Bertanyalah kepada ahli ilmu (Ahli Dzikr) jika engkau tidak tahu” (QS. An Nahl: 43)

+ QO: “Emang ada yang belum dijelaskan Al Qur’an? Bukankah Al Qur’an kitab petunjuk dan penjelasan mengenai petunjuk itu? Itu artinya Al Qur’an sudah jelas tanpa butuh penjelasan dari siapapun. Karena ayat satunya itu menjelaskan kepada ayat yang lain.

– QTVG: “Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang terbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barang siapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya bagi orang yang bertaqwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya”. (203) [QS. Al-Baqarah : 200-203]

+ QO: ???&^$%#$%^ ???! @_@

Elfaris:Teman-teman di sini ada yang bisa bantu Qur’an Only untuk menjelaskan maksud dari QS. Al-Baqarah : 200-203 itu apa?
1. Apa yang dimaksud beberapa hari yang terbilang?
2.” Barangsiapa yang ingin cepat berangkat” berangkat dari mana mau kemana?
3. “sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya.” Kok tiba-tiba ngomong sesudah 2 hari. Itu 2 hari apa ya?hmmm…

3 Responses to “Dialog Antara Qur’an Only dan Qur’an Terjemahan Versi Google”

  1. Tulisan yg keren soal boneka hafiz hafizah Ayo mampir
    juga website saya ya sis, ada ulasan tentang boneka hafiz hafizah.
    Thank you.

  2. Artikel yg bermanfaat soal asuransi pendidikan dan tabungan haji ini sangat
    bermanfaat. Luar biasa banget & bermanfaat banget.
    Setiap orang yg make maupun tengah cari layanan asuransi terpercaya di Indonesia & tabungan haji kudu baca artikel ini.
    Silakan mampir juga website gw ya sis, ada tulisan keren yg semoga berguna.
    Thank you.

  3. Ulasan yg bagus soal hafiz dolldan quran digital
    al qolam ini baru pertama kali saya baca. Keren sekali & bermanfaat banget.
    Siapa aja yg pakai maupun sedang mencari boneka hafiz& mushaf maqamat harus baca
    ulasan ini. Silakan kunjungi juga situs saya ya sis, banyak artikel menarik yg semoga bermanfaat buat para pengguna boneka hafiz& quran digital al qolam.
    Wass.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: