Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Sifat Shalat Nabi

Segala puja dan puji hanya bagi Alloh Subhanahu wa ta’ala, sang pemilik langit dan bumi beserta segala isinya. Kami memuji, meminta pertolongan dan memohon ampun kepada-Nya. Kami berlindung kepada Alloh dari kejahatan diri dan keburukan amal perbuatan.
Kami bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Alloh, tiada sekutu bagiNya, dan kami bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hamba dan utusan-Nya. Wa ba’d.

Shalat adalah ibadah yang paling penting yang telah diajarkan oleh Rosululloh SAW kepada umatnya. Ia merupakan rukun Islam yang ke dua setelah kalimat syahadat “Asyhadu an la ilaha illalloh wa asyhadu anna Muhammadan Rosululloh”

Dalam perkara shalat, Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam pernah bersabda “shallu kama roaitumuni ushalli” yang artinya: shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat. Jadi maknanya perkara shalat telah ada tuntunanya dari Rosululloh SAW, mulai dari takbiratul ikram hingga salam. Maka kewajiban kita sebagai seorang Muslim adalah mengikuti apa yang telah beliau lakukan agar shalat yang kita lakukan benar.

Dalam buku Sifat Shalat Nabi yang ditulis oleh Syaikh Nashiruddin Al Albany telah dijelaskan secara terperinci bagaimana Nabi melakukan shalat, baik yang berhubungan dengan hal-hal yang wajib, sunah-sunnahnya serta adab-adabnya. Mulai dari cara takbiratul ikram, posisi ruku’, sujud, doa dalam shalat dan gerakan-gerakan yang berhubungan dengan shalat.

Beliau dalam menyusun buku ini mengambil dari hadits-hadits shahih, serta
menyebut perkataan empat imam madzhab seputar kewajiban kaum muslimin untuk mengikuti dan berpegang teguh dengan hadits yang shohih. Pada akhirnya saya mengharap agar usaha ini bermanfaat bagi kaum Muslimin. Saya memohon kapada Alloh Azza wa Jalla agar usaha ini ikhlas semata-mata mengharap ridho Alloh dan menjadi amal kebaikan yang akan menambah berat timbangan amal kebaikan saya di akhirat nanti, amin.

Klik link di bawah:

• Tuntunan Wudhu Rasulullah SAW
• Tata Cara Shalat
• Do’a dan bacaan dalam shalat
• Tata Cara Ruku Dan Bacaannya
• Tat Cara dan Bacaan Sujud Serta Duduk Di Antara Dua Sujud

5 Responses to “Sifat Shalat Nabi”

  1. abihasan said

    Assalamu’alaikum…

    afwan akhi,

    Saya ijin share juga ya tentang buku Sifat Shalat Nabi SAW juga dari riwayat yang shahih..insya Allah. Bukunya bisa dipesan di Toko buku bersangkutan secara online.

    Semoga bisa jadi tambahan ilmu demi menyempurnakan amaliah sholat kita..aamiin.

    Syukron

    Wallhu a’lam

  2. thooriq said

  3. sandy said

    aminnn yaa rabbal alamin ..

  4. terimakasih atas pembelajaran ini……….tolong dong kirimkan bukunya di email saya….

  5. ucokmonalisa said

    terima kasih semua nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: