Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Jalan Raya Terluas Di Dunia

Posted by Ahmad Farisi on 27 February 2009

Di Buenos Aires, ibukota Argentina terdapat jalan raya dengan nama Avenida 9 de Julio (dibaca: Nueve de hulio). Jalan ini memiliki 16 jalur dan merupakan jalan terlebar di dunia (lebar 140 m). Nama 9 de julio di ambil sebagai penghormatan hari kemerdekaannya. (9 Juli 1816 ).

Dan di bawah ini adalah jalan raya di Jakarta, sebuah ibukota padat yang pada bulan Desember 2008 memiliki jumlah penduduk 8.509.170 jiwa. Belum lagi ditambah penduduk luar Jakarta yang mempunyai jam kantor di Jakarta,  menjadikan Jakarta di pagi dan sore hari sering macet.

Kalau tidak sering macet dan banjir, Jakarta adalah kota yang indah dan bersih. Orang asing yang hanya mengunjungi Jakarta dan tidak berkeliling Indonesia, tidak akan percaya kalau Indonesia masih termasuk negara berkembang. Ia akan menyangka bahwa Indonesia adalah negara yang sudah sangat maju.

Semakin banyak gedung-gedung tinggi pencakar langit di Jakarta, yang otomatis jumlah penduduk pun akan terus bertambah. Sampai ada rencana kalau Ibukota Indonesia akan dipindah.  Saya setuju dengan rencana pemindahan ibukota, biar pembangunan di Indonesia makin merata. Dan untuk mengantisipasi kemacetan seperti yang terjadi di Jakarta, maka pembangunan kota baru harus benar-benar di kontrol, tata letak bangunan dan luas jalan harus menggambarkan sebuah negara maju yang akan menjadi sorotan dunia. Kemacetan dan banjir yang sering terjadi sangat mengganggu perekonomian Indonesia. Berapa banyak waktu yang terbuang di jalan, gara-gara jalanan macet. Jadi kapan ya Indonesia memiliki jalan terluas di dunia yang mengalahkan jalan Avenida 9 de Julio?

12 Responses to “Jalan Raya Terluas Di Dunia”

  1. YaNoWa said

    waww…..kita harus bersyukur yah punya kota yang sebagus ini

    #ahmad farisi
    lebih bersyukur lagi kalau kota yg sebagus ini jg diisi oleh orang2 yang akhlaknya bagus, mungkin tambah bagus lagi ya? :))

  2. BAE said

    Kalau ibukota negaranya pindah ke Bandar Lampung tidak mungkin ya🙂 ?

  3. faris! said

    harusnya ibu kota nya pindah ke daerah bsd .
    yeadhi

  4. dharto..!! said

    yang penting di perbaiki aja lagi supaya tambah lebih baik lagi.. :d

  5. josserizal said

    saya bersyukur baget degan nama kota jakarta,apa lagi mewahnya luar biasa,tapi sayas mohon jga lah kota dengan baek, jgan ada orang yang berjina,tu lah satu2_a yang membuat kota kita nama yang terbaek.sekian dan thanks dari eric di banda aceh.

  6. mulia said

    menurut saya ibukotanya pindah ke kalimantan dengan mencari daerah baru dan membangunnya

  7. landy said

    saya landy asli sunda tinggal di bandung,klu menurutku sih ibu kota indonesia lebih baik di pindahkan ke kota semarang,palangkaraya,atau banjarmasin yg letaknya ada di wilayah tengah2 indonesia,jakarta sudah sesak,pertumbuhan ekonomi hanya terpusat di jkt,menjadikan kota ini pelabuhan banyak orang utk mencari rizki,pertumbuhan ekonomi tidak seimbang dengan kota2 lain

    bagus di Kalimantan ya hehehh….

  8. t4z said

    setuju klo ibukota pindah ke sulawesi biar pembangunan merata dan mengarah ke timur gitu

  9. ??? said

    coba kalau Jakarta nggak macet seperti ini. pasti jakarta lebih indah & sejuk..

  10. rajj said

    lebih baekkk pindah ke acehh aja….

  11. kemboja said

    kalo kami di Malaysia dulu nya jugak macet ….tetapi setelah di pisahkan kantor kerajaan ke satu daerah yg lain maka selepas itu jadi berkurangan …jugak kami di Malaysia jugak punya waktu kerja yg berlainan jugakkk …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: