Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Benteng Shalahuddin Al Ayyubi

Posted by Ahmad Farisi on 2 January 2010

Ketika Anda berkunjung ke Mesir alangkah indahnya jika Anda bisa mengunjungi Benteng Shalahuddin al Ayyubi yang Megah nan Unik. Benteng Shalahuddin terletak di Bukit Muqattam. Dibangun oleh Shalahuddin AI-Ayyubi antara tahun 1176-1183 M. ketinggian tembok benteng mencapai 10 m. dengan tebal 3 m. Benteng ini dibangun untuk mempertahankan Kota Kairo dari serangan pasukan salib. Di dalam benteng terdapat beberapa objek wisata, antara lain Masjid Muhammad Ali Pasha, museum angkatan perang Mesir, bekas penjara, dan taman-taman yang indah.

Shalahuddin al Ayyubi adalah seorang tokoh kharismatik dan pejuang Islam. Ayah beliau adalah Najmuddin Ayyub dan pamannya Asaduddin Syirkuh hijrah (migrasi) meninggalkan kampung halamannya dekat Danau Fan dan pindah ke daerah Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Shalahuddin lahir di benteng Tikrit, Irak tahun 532 H/1137 M, ketika ayahnya menjadi penguasa Seljuk di Tikrit.

Shalahuddin terkenal di dunia Islam dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Dawud.

Atas semangat dan kegigihannya, Beliau telah mengembalikan kesucian al Quds ke pangkuan kaum Muslimin. Ia adalah seorang jendral, seorang mujahid besar yang akan terus dikenang sepanjang masa. Beliau adalah seorang pemimpin yang bisa bersikap lembut pada musuhnya tanpa mengurangi sedikitpun kewibawaannya.

Di dalam area benteng terdapat masjid yang diberi nama Masjid Muhammad Ali. Masjid Muhammad Ali Pasha atau Masjid Alabaster adalah satu masjid tua yang megah. Masjid ini dibangun antara tahun 1830-1848 atas perintah dari Muhammad Ali Pasha, untuk mengenang putra sulungnya, Tusun Pasha, yang meninggal pada tahun 1816. Arsitek mesjid ini adalah Yusuf Bushnak, dari Istambul, Turki. Masjid ini mengambil model dari Masjid Yeni di Istambul.

Karena terletak di daerah puncak Citadel di Kairo, masjid yang merupakan masjid terbesar di setengah abad pertama abad ke-18 ini dapat dikatakan merupakan bangunan menarik yang mudah terlihat dari mana-mana di kota Kairo. Saat ini, masjid ini merupakan salah satu objek turis yang paling banyak dikunjungi di dalam kota Kairo.

Masjid ini dibangun dengan satu kubah utama yang dikelilingi oleh empat kubah kecil serta empat kubah setengah lingkaran. Bagian dalam masjid luar biasa indahnya. Plafon di kubah masjid sungguh indah dan menakjubkan (lihat foto di atas). Penerangan di dalam mesjid dibentuk oleh lampu-lampu pijar yang sangat banyak yang secara khusus disusun melingkar dan memberikan kesan sebagai lampu-lampu yang melayang.

33 Responses to “Benteng Shalahuddin Al Ayyubi”

  1. zipoer7 said

    Salam Takzim
    Selamat pagi kang, sehat kan, semoga demikian harapan saya kang, tetap sehat dan semangat dalam mengarungi hidup ini kang. oh iya Selamat tahun baru 2010 ya kang
    Salam Takzim Batavusqu

  2. vicioussss said

    wah salahudin itu salah satu raja yang di segani karena taktik nya bukan?
    btw salam kenal ya

  3. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum,

    Apa kabarnya Kang ? Sudah lama tidak bertemu. Masih di Cairo ya ? Dikira sudah pulang kampung.

    Shalahuddin al-Ayyubi ternyata lahir di Tikrit, kampung halamannya Saddam Hussein. Tulisannya akan lebih asyik kalau ditambah dengan kisah perjuangan Shalahuddin.

    Terima kasih.
    Salam dari Cianjur

  4. Zipoer@ alhamdulillah ana sehat kang… terima kasih kang doanya…
    mega akang sukses ya…

    vicioussss@ ya benar… dan beliau bersikap ramah baik terhadap kawan maupun lawan.

    ABDUL AZIZ@ wa alaykum salam…
    terima kasih sarannya… bagus idenya, insya Alloh kalau ada kesempatan. sebenarna kemirin nulis ini karena baru jalan2 ke sana.

  5. Dangstars said

    Selamat keliling dunia Boz,, 😛

  6. Siti Fatimah Ahmad said

    Assalaamu’alaikum

    Pengalaman dan pengembaraan yang sangat menarik. wah.. foto-foto di atas cukup menggamit hati untuk berwisata ke sana. Mudahan suatu hari nanti akan tercapai. Ini mengingatkan saya kepada filem KCB yang saya tonton tahun lepas. Mesir punya tempat yang amat menarik sekali untuk pelancungan. Terima kasih Ahmad Farisi atas foto-foto menarik tersebut. Salam mesra dari Sarawak, Malaysia.

    • phieta said

      asslamu’alaikumm bunda…
      teman baru ne maw knalan.aq vita dari quduscity indonesia.klo baca comment bunda rasanya enaaaakkk banget, bijak, penuh ekspresif keibuan tapi tetep berjiwa muda.
      di malaysia ada orang seperti mas Azzam gak bunda???klo ada aq pesen satu ya,,hehe…

      • Siti Fatimah Ahmad said

        Wa’alaikum salaam Vita. salam kenal kembali. senang mendapat teman baru.
        Terima kasih atas penghargaannya. Ahh… saya biasa aja Vita namun senang membaca komentarnya. Mudahan Allah menghargaimu.

        Maaf, baru masuk ke laman Ahmad dan membaca tulisan Vita. Silalah berkunjung ke blog saya, bisa kenalan lebih lanjut lagi. Blog Vita ada nggak ? Saya mahu berkunjung. Salam manis dari saya di Malaysia.

  7. Rychan said

    Maaf melenceng dari isi, mohon keblog saya dan memberikan dukungan. Allahu akbar!!

  8. Salam. Begitu seronok dapat mengunjungi kubu popular ini. Saya pernah ke sana sekali. Sangat mengagumkan.

  9. arif said

    wah kapan saya bisa kesana ya? pengen nih

  10. avartara said

    Salam kang,…. wah wah,…. enaknya bisa jalan2 kesana menyaksikan langsung jejak sejarah,…..

  11. zipoer7 said

    Salam Takzim
    Selamat berkarya
    Salam Takzim Batavusqu

  12. Adelays said

    Assalamualaikum Mas Ahmad Farisi,
    Cool bentengnya, cool pula Salahuddin Al Ayubi.
    Seorang komandan yang disegani kawan maupun lawan.

    Saya pernah lihat filmnya kalau tidak salah judulnya Knight Templar. Beliau seorang yang sangat disegani, dan teguh pada pendiriannya.

    Cool juga mas karena bisa berada disana. Insya allah saya ingin juga suatu saat menyaksikannya sendiri.

    Doakan ya mas Ahmad Farisi.

  13. Lama tak berkunjung ke Mesir nih …
    pertamax ngucapin selamat buat team sepakbola mesir yg jadi jawara piala afrika ..
    keduax sukses buat kang ahmad .. smoga sehat wal afiat selalu

    Salam dari Bandunk n HIDUP PERSIB😆

  14. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum,
    Alhamdulillah ada kesempatan bisa jalan-jalan ke Cairo nih. Tapi orangnya tidak ada. Lagi sibuk ya ?
    Mudah-mudahan dalam keadaan sehat walafiat tidak kurang suatu apa.
    Terima kasih.

    Salam dari tanah air.

  15. Siti Fatimah Ahmad said

    Assalaamu’alaikum Ahmad Farisi

    Apa khabar ? Maaf kerana bunda lama tidak berkunjung. Kembali bersilaturahmi. Didoakan Ahmad Farisi sihat sejahtera dan terus maju dalam berkongsi ilmu bermanfaat untuk semua. Mengapa laman ilmu ini sudah sepi dari kongsian hikmah yang bermanfaat. Apa sibuk sangat ya setelah kembali ke pangkuan keluarga ?

    Mudahan Ahmad Farisi masih punya luang waktu untuk berinteraksi kembali di maya pada ini dan sukses dengan kerjaya baru yang ditempuhi. Khabar berita juga sepi. Bunda ini mendengar cerita dari Ahmad Farisi. Tentu ada sesuatu yang boleh dikongsikan bersama.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak, MALAYSIA.

  16. blue datang bang
    p cabar
    senang membaca post dr abang yg selalu berisi
    salam hangat dari blue

  17. sunflo said

    subhanallah bagusnya… masih terawat dengan baik yaa..

  18. alvana said

    aslm.wah,senengnya bisa jln2,,,,kpn yah,,,q bisa nyusul ksna,????

  19. Miftahur said

    Semoga Para Mujahid kita selalu mendapat tempat terindah disisiNYA :’)

  20. zipoer7 said

    Salam Takzim
    Sahabat mohon maap mau ngajak ikutan Earth Hour nanti malam, ikutan yuk kesini
    Terima kasih
    Salam Takzim Batavusqu

  21. darahbiroe said

    wah kapan2 mau dunt diajak heheheh
    mangtafff

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih😀

  22. kka said

    al-ayubi, pejuang kebanggaan q,, kapan ada lagi pejuang islam seperti dia..

  23. phieta said

    assalamu’alaikum bang ahmed…
    wah asyiknya..
    qta orang selalu menanti kabar dari kairo.kejayaan masa islam yang tak pernah pudar.
    tulisan-tulisan dari kang faris tak tunggu lho…smoga selalu diberi rahmat,kemudahan oleh Allah dalam menuliskan ilmu, karena aq yakin semakin ilmu itu dibagi, semakin tak pernah habislah ilmu itu.
    salam hangat teman…

  24. phieta said

    photographernya pinter ya…bgus bgt pengambilan fotonya.
    eh..yang lampu2 itu kaya gambaran luar angkasa dengan galaxynya.ok bgt.

  25. datang blue kerumah abang kita ini
    pa cabar
    postnya selalu bikin blue senang
    salam hangat dari blue

  26. Arstitektur langit-langitnya begitu indaaaahhhh🙂

    Salam semangat selalu mas

  27. munir ardi WP said

    jadi pengen banget lihat langsung benteng singa Islam tersebut

  28. Siti Fatimah Ahmad said

    Assalaamu’alaikum Ahmad Farisi

    Apa khabar ? Lama bunda tidak mendengar beritanya. apa masih di Saudi Arabia ya. bilang mahu ke Malaysia. Kapan tu ? Nanti maklumi bunda kalau ke Malaysia. Wah… blognya sepi aja nih tanpa pesan baru. ayuuh.. Ahmad Farisi, serlahkan potensimu yang mantap itu. Selamat berkarya.

    ***********************

    Dengan hormat dan takzimnya, saya berharap sahabat sudi menerima AWARD PERKASA – KAU ADALAH YANG TERBAIK, sempena sambutan HARI BAPA di Malaysia pada 20 Jun 2010. Ia sebagai menghargai persahabatan dalam perkongsian ilmu di ruang maya dan mengenangi jasa para bapa dalam memperjuangkan kehidupan yang harmoni untuk kebahagiaan keluarganya.

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/06/21/20-jun-2010-selamat-hari-bapa-untukmu-malaysia-dan-indonesia/

    Salam mesra dari bunda di UKM, Bangi.

  29. wah keren-keren ya photonya,..
    kapan ya aku bisa kesana,…

  30. derry said

    afwan lama hilang kontak kirimkan no hp antum ke emailku by derry di toliz. salam buat zendi

  31. BUNDA SHALAHUDDIN FAYADH NABIEL said

    assalamualaikum warohmatullohhiwabarokatuh. . . ,
    salam kenal mas ahmad.
    bangga sekali saya dapat bergabung mengcomment petualangan mas ahmad. Saya juga bangga karna yang mengagumi beliau (salahuddin al ayubi) sangatlah banyak. Teruskan petualangan mu mas ahmad , semoga banyak kisah** pejuang islam yg kau tulis lg. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: