Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Arab Saudi Terapkan Sidik Jari Bagi Jamaah Haji Ilegal

Posted by Ahmad Farisi on 21 September 2014

Mayjend Abdul Aziz As-shuli, Komandan Pasukan Keamanan Haji yang juga Komandan fungsi Polisi Makkah menegaskan akan terus memberlakukan “bashmah” sidik jari secara acak kepada jamaah haji ilegal, di Armina dan jalan-jalan menuju Armina yaitu Arafah, Muzdalifah dan Mina. Mereka yang terkena sidik jari akan dipanggil setelah selesai musim haji untuk mendapatkan sangsi yang sesuai.

Abdul Aziz mengungkapkan bahwa disana sudah disiapkan tim khusus yang akan berada di Masya’ir untuk menjalankan tugas penyidikan jari kepada para jamaah haji ilegal.

“Nanti jamaah haji akan dimintai sidik jari untuk mengetahui apakah ia telah memiliki tashrih (surat izin) atau tanpa tashrih. Baru kemudian nanti akan ada sangsinya setelah selesai haji. Ini berlaku untuk semuanya jamaah haji baik penduduk asli maupun mukimin” tegasnya.

Ia menambahkan bahwa aturan ini berlaku juga kepada penduduk Makkah yang haji tidak melalui prosedur dan tanpa tashrih. Dimana mereka memanfaatkan kesempatan keberadaanya di kota makkah dengan tidak mengikuti instruksi dari pemerintah. Mereka nanti akan dimintai pertanggungjawabannya. Karena menurutnya bertambahnya jumlah jamaah haji illegal mempunyai sisi negative yang besar kepada pelayanan yang diberikan kepada jamaah haji. Di samping akan mengganggu keamanan dan keselamatan serta kesehatan yang selama ini selalu diperhatikan oleh para penanggung jawab di Kerajaan Arab Saudi.

Abdul Aziz menerangkan bahwa bashmah secara acak yang akan diterapkan kepada jamaah haji dalam dan luar negeri pada tahun ini, akan mampu mendeteksi para jamaah haji ilegal dan kemudian pihaknya akan memberikan sangsi hukuman kepadanya, khususnya bagi jamaah haji tanpa tashrih. Di samping itu nanti juga akan dilakukan pengecekan di jalan-jalan utama dan tempat-tempat padat jamaah haji.

Ia menambahkan, instansi pemerintah secara umum dan instansi Kementerian Dalam Negeri secara khusus bersungguh-sungguh dalam menciptakan keamanan di dalam negeri, dan khususnya di Masya’ir Muqaddasah (Armina). Hal itu mereka tunjukan dengan kesungguhan para petugas keamanan dan pasukan-pasukan khusus.
Dengan bantuan dan partisipasi para penduduk, pasukan keamanan menjadi pasukan pertama yang mendeteksi setiap praktik dan perilaku yang mencurigaan.

Ia menghimbau kepada siapa saja yang hendak menunaikan ibadah haji tahun ini 1435, untuk berhati-hati dari lembaga yang menyadiakan pendaftaran. Pastikan bahwa dirinya sudah terdaftar di situs Kementerian Haji sebelum mendaftar kepada lembaga tertentu, sehingga tidak menjadi korban penipuan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Lebih lanjut dia mengingatkan kepada lembaga palsu atau lembaga yang melanggar aturan atau yang menyebarkannya, akan mendapatkan hukuman berat sesuai yang telah ditetapkan. Dirinya menekankan kepada seiapa saja yang hendak menunaikan kewajiban haji, pentingnya mendapatkan tashrih sesai aturan dan istruksi yang diberlakukan pemerintah. Ia menegaskan bahwa tim pasukan keamanan akan selalu mengawasi dan menjalankan tugas untuk melarang setiap jamaah haji yang tidak resmi, hal itu demi menjaga kestabilan keamanan.
Mayjend Abdul Aziz menambahkan bahwa pihaknya hingga saat ini belum mentertibkan lembaga-lembaga yang tidak resmi. Menurutnya tim lapangan nantinya akan mengawasi dan mendindak secara tegas lembaga mana saja yang tidak berlisensi dari pihak yang berwenang.

“Kami pada tahun ini akan melakukan pengawasan di setiap jalan-jalan pintas dan non formal, yaitu antara gunung-gunung dan lembah-lembah. Ini adalah kelanjutan dari apa yang telah diterapkan pada tahun lalu, di mana kami sebelumnya telah melakukan pengecekan kepada sebagian besar jamaah yang hendak menyebrang ke Masya’ir Muqaddasah (Armina) melalui beberapa titik tersebut” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan: “bagai penduduk asli yang tertangkap akan dipulangkan ke tempat asal setelah dilakukan sidik jari. Kemudian nanti akan dipanggil kembali setelah selesai musim haji. Adapun jamaah haji ilegal dari mukimin yang tertangkap, maka ia akan dijebloskan ke lembaga pemasyarakatan untuk diproses secara hukum kemudian dideportasi dari Arab Saudi. (elf)

One Response to “Arab Saudi Terapkan Sidik Jari Bagi Jamaah Haji Ilegal”

  1. Rully said

    Waktu lagi browsing doa istikaharah, link nya mas farisi ni paling atas lhoo… Superr sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: