Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Liga Muslim Sedunia Gelar Konferensi Makkah al Mukarramah Ke 11 Dengan Tema Tantangan Media Informasi Dalam Menghadapi Era Globalisasi

Posted by Ahmad Farisi on 2 November 2010

Sekretariat Umum Rabithah Alam Islami atau Liga Muslim Sedunia, dibawah perlindungan Khadimul Haramain, Raja Abdullah bin Abdulaziz Aal Saud hafidzahullah, menggelar konferensi Makkah ke 11 dari tgl 5-7/12/1431 H. dengan tema “Tantangan Media Informasi Dalam Menghadapi Era Globalisasi”. Konferensi yang diselenggarakan di Kantor Rabithah di Makkah ini akan dibuka oleh Pangeran Khalid Faishal, Gubernur Makkah, mewakili Khadimul Haramain, Raja Abdullah.

Hal itu disampaikan oleh Sekjend Rabithah, Dr. Abdullah bin Abdul Muhsin Atturky. Ia menjelaskan bahwa konferensi-konferensi ini masih berhubungan dengan konferensi Makkah yang pertama yang diadakan pada tahun 1345 H atas undangan Raja Abdulaziz bin Abdurrahman Aal Saud, yang diikuti oleh sejumlah ulama  perwakilan dari Negara-Negara Islam.

Ia menjelaskan bahwa Rabhitah pada Konferensi Makkah tahun ini memilih tema “Tantangan Media Informasi Dalam Menghadapi Era Globalisasi” sebagai rasa pentingnya perubahan yang meliputi dunia Islam dan perkembangan teknik dalam bidang informasi yang dapat mempengaruhi kesadaran manusia.

Ia mengatakan, Rabithah melalui konferensi yang akan diikuti oleh para ahli dalam bidang media yang berbeda-beda, berusaha merealisasikan beberapa tujuan, antara lain: mengadakan peluang pertemuan, dialog dan pertukaran wawasan dan pengalaman, selain usaha untuk mengkoordinasi kerja keras insan media di dunia Islam serta mempelajari realita media massa pada masyarakat muslim, guna membuat perbandingan dengan perkembangan dunia sekarang ini. Diharapkan dari sarana media modern bisa dimanfaatkan untuk menghadapi tantangan-tantangan dan membantu  memajukan insan media, baik secara pemahaman maupun praktek, seperti etika dan perilaku yang terpuji dimana hal itu adalah demi kebaikan dunia dan untuk merealisasikan Islam dan kaum muslimin serta menemukan bentuk kerjasama antara lembaga media massa dalam menanggulangi berbagai masalah.

Dr. Atturki menambahkan bahwa para peserta konferensi akan mendiskusikan empat poin. Poin pertama mengenai “realita media massa di era globalisasi” yang akan membahas seputar media internasional dan arahan-arahannya, media massa baru (peluang dan tantangan) dan etika media dalam era globalisasi. Adapun poin ke 2 yaitu dengan tema “Keluarga dan Masyarakat serta Tantangan Madia Massa” yang akan membahas sekitar keluarga, media elektronik, fonomena kekerasan dan dekadensi moral dalam dunia informasi kontemporer, serta masyarakat dan perang kebudayaan.

Poin ketiga berhubungan dengan “Umat Islam dan Tantangan Media Massa” dalam poin ini peserta akan mendiskusikan masalah “Gambaran Islam dan kaum Muslimin Oleh Media Internasional”, “Umat Islam dan Teknik informasi” dan “Media Massa di Dunia Islam” (antara asli dan meniru).

Poin ke 4 dengan tema “Ide Praktis Untuk Menghadapi Tantangan”  yang akan membahas masalah “Madia Massa Islam” (aturan dan etika), Media Organisasi Islam (koordinasi dan Integrasi) serta “Media dan Dialog Peradaban”.

Sekjend Rabithah dalam mengakhiri jumpa persnya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Khadimul Haramain atas perlindungannya untuk konferensi dan dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan Rabithah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: