Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Arti Cinta Dan Cinta Sejati

Posted by Ahmad Farisi on 20 December 2009

Bismillahirrohmanirrohim

Tahun demi tahun telah berlalu, abad demi abad telah terlewati, berbagai buku tentang CINTA telah ditulis. Para bujangga dan pakar psikologi juga telah berbicara tentang cinta, tapi saat ini Cinta masih menjadi sebuah misteri. Belum ada yang mampu mendefinisikan cinta secara tepat. Masing-masing mempunyai definisi tentang cinta yang berbeda-beda.

Cinta adalah sebuah kata yang indah dan mempunyai banyak makna, semakin digali artinya semakin luas pengertiannya. Sehingga cinta tidak akan cukup hanya diungkapkan dengan kata-kata. Tanpa CINTA hidup tak sempurna. Tuhan menciptakan makhluk Nya dengan anugerah cinta, dimana cinta menjadi kekuatan dan daya tarik. Cinta adalah ketulusan memberi tanpa berharap untuk menerima.

Dengan kekuatan cinta seseorang bisa berubah menjadi lebih tangguh. Dengan rasa cinta, seekor kucing rela melompat dari genting yang tinggi karena mendengar tangisan anak bungsunya. Dan karena cinta pula, induk ayam berubah menjadi jagoan demi melindungi anak-anaknya

Saya mempunyai catatan tersendiri tentang cinta, walau catatan itu bukanlah final dalam memaknai cinta. Cinta menurut catatanku adalah sebuah A.N.U.G.E.R.A.H. CINTA adalah sebuah anugerah yang Alloh berikan kepada makhlukNya untuk saling berbagi, menerima apa adanya, mengasihi dan menyayangi secara istimewa.

Tanda Tanda Cinta adalah ketika hati kita mengatakan kepada orang yang dicinta: Aku ingin hidup dengannya sampai akhir hayatku. Ketika kita tidak lagi menginginkan orang lain selainnya dan tidak ada orang yang bisa menggantikannya. Ketika kita tidak bisa membayangkan hidup satu atap dan tidur satu ranjang dengan orang selainnya. Ketika kita ingin selalu bersamanya baik senang maupun susah. Ketika kita ingin menjaganya dan takkan pernah bosan menemaninya.

Ketika kamu menyukai seseorang karena kekayaannya, itu bukanlah cinta tapi matre. Ketika kamu menyukai seseorang karena ketampanan dan kecantikannya, itu bukanlah cinta tapi nafsu. Ketika kamu menyukai seseorang karena kepintarannya, itu bukanlah cinta tapi kagum. Ketika kamu menyukai seseorang karena kekurangannya, itu bukanlah cinta tapi iba.

Cinta sejati adalah cinta yang menerimamu apa adanya, menganggap kekuranganmu sebagai hadiah dan menganggap kelebihanmu sebagai anugerah. Ingat…! “Cinta sejati itu menyembuhkan… bukan menyakitkan” kata Azzam dalam adegan film Ketika Cinta Bertasbih, seraya tangan kanannya menggenggam kedelai.

Cinta sejati nan abadi adalah ketika insan meletakkan cintanya kepada sang Pemilik CINTA. Itulah cinta di atas cinta, tidak akan pernah mati karena Ia adalah keabadian, seperti cahaya di atas cahaya yang tak akan pernah padam.

Tentang cinta, Imam Nawawi pernah berkata: Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, hilanglah cintaku padamu.” Semoga kita semua mendapatkan cinta sejati nan abadi. Cinta yang diridhoi, Cinta yang datang dari nurani atas tuntunan Ilahi Rabbi. Amin.

Kairo di musim dingin

20 Desember, 2009

Akhukum Fillah Ahmad Farisi

21 Responses to “Arti Cinta Dan Cinta Sejati”

  1. dykapede said

    Selamat Hari Ibu, Natal dan Tahun Baru 2010…

  2. ABDUL AZIZ said

    Assalamu’alaikum,
    Kumaha damang kang ? Maaf sudah lama tidak mampir. Masih di Cairo ?
    Kalau dengan cinta di musim dingin pun di cairo akan terasa nyaman.Mudah-mudahan kita selalu punya cinta.
    Kalau sudah tidak punya cinta mah gawat Kang. Karena kebutuhan psikologis paling utama adalah mencintai dan dicintai.
    Terima kasih banyak CINTA-nya.

    Salam dari Cianjur.

  3. Siti Fatimah Ahmad said

    Assalaamu’alaikum

    Apa khabar Ahmad Farisi ? Menulis tentang cinta adalah sesuatu yang mengasyikkan. Bunda suka tulisan ini. Apa tah lagi kalau terjatuh dalam wadah cintanya. Cinta menjadikan manusia yang lemah menjadi kuat, manusia bersifat syaitan menjadi alim, manusia pemalas menjadi rajin, manusia selekeh (kotor) menjadi rapi dan kemas, manusia sedih menjadi periang, manusia keras menjadi pelembut… Ahhh.. semuanya kerana cinta. Makanya cinta itu disebut dengan pelbagai cara seperti TAK KENAL MAKA TAK CINTA, CINTA ITU BUTA. CINTAKU ADALAH SEGALANYA. KAN KU TURUT CINTA KU WALAU DI MANA IA BERADA.

    Kepada siapa yang kita cintai… ia seharusnya berlandaskan keimanan kepada Allah saw yang menjadi tumpuan segala kecintaan dan cinta kepada Rasulullah swt. maka itulah cinta sejati yang lahir kerana kecintaan yang suci yang akhirnya membawa kepada kebahagiaan di dunia dan akhirat.

    Alhamdulillah… dalam dunia kehidupan manusia ini, kita tidak akan lari dari menyintai sesama manusia yang lebih bersifat menunjukkan kasih sayang sesama insan hasil curahan kasih sayang Allah ke dalam hati manusia yang pernah wujud dihatinya hubungan persaudaraan, persahabatan atau hubungan yang lebih dari itu tanpa kita sedari adanya orang yang sedang dan telah mencintai kita baik secara terang mahupun secara diam-diam.

    Itulah magik cinta yang menjadikan kita saling mengambil berat dan ingin menggembirakan orang yang kita sayang dan cintai di hati kita walau kita tidak akan pernah dapat memilikinya. Kerana cinta itu tidak semestinya dapat dimiliki. Cukuplah kita memilikinya dalam jiwa kita dan memaklumi bahawa kita menyayanginya.

    Alhamdulillah, kerana selama ini perkataan ” I love You Fullllll ” selalu Ahmad Farisi curahkan kepada bunda sebagai tanda Ahmad Farisi menyayangi bunda. Alhamdulillah.. ia lahir dari kasih sayang buat insan yang sentiasa memahami erti cinta yang indah.

    Terima kasih kerana selalu memberi bunda senyuman yang comel… he..he..he.. salah pulak, terbalik. Bunda yang selalu menghantar senyum comel untuk Ahmad Farisi..he..he.. Untuk Ahmad Farisi yang bijak dan pintar… I Love You Fuulllll Too. Salam manis dari Bunda di Bangi, Malaysia.

  4. […] terhidang, gundah pada apa yang telah tertuang. Bergelayut pikiran menerpa cermin tak kuasa pada cinta dan asa yang tak kunjung bertepi. Kapankah blog ini berakhir […]

  5. […] terhidang, gundah pada apa yang telah tertuang. Bergelayut pikiran menerpa cermin tak kuasa pada cinta dan asa yang tak kunjung bertepi. Kapankah blog ini berakhir […]

  6. Riffy said

    wah wah wah … dalam !

  7. mikha_v said

    Cinta nafsu:
    – “Jatuh Cinta”
    – Lebih kepada nafsu
    – “Aku cinta kamu, karena kamu cantik”

    Cinta sejati:
    – Tidak ada istilah jatuh cinta, melainkan “bertumbuh dalam cinta”.
    – “Kamu cantik, karena aku cinta kamu”

  8. Rychan said

    mo ngucapin selamat tahun baru mas….semoga ditahun baru ini kita semua mendapat kesuksesan….amiin…salam smile dari Cilacap🙂

  9. Cinta yang benar adalah cinta yang dengan adanya dia di hati membuat kita bertambah cinta kepada-Nya….

  10. siapa cinta sejati saya?

  11. bajajhitam said

    cinta sejati itu menerima segala kekurangan dan memberikan dengan tulus

  12. phieta said

    cinta sejati bagi aq adalah cinta yang senantiasa mampu menuntun dalam kebaikan, selalu memberikan pengertian di saat butuh pemahaman, memberikan perhatian ketika yang lain merasa enggan..aq ingin cinta yang mampu menjadi imam dan panutan dalam menjaga keimanan hati dalam islamNYA.

  13. qqiute said

    suka tulisannya.. subhanallah, indahnya cinta sejati *amin..

  14. irsan said

    cinta akan membuat jd org yg lbh baik
    jika memang jatuh cinta nya pd
    org yg benar

  15. hengky said

    assalamualaikum..
    saya boleh nanya tidak.?? tapi kmn??

  16. anifah said

    hmmmm………sempurna,sedemikian dlm makna dr kata CINTA, ktk musim dgn melanda, cinta dtg menghangatkan y. meski mata tk saling bertatap, tangan tk saling berpagang tp hati bs merasa bahwa cinta itu ada……………………………………

  17. Alangkah indahnya dunia ini bila kita hanya mampu mencintai….

  18. woow mantap!! saya sangat menyukai artikel Anda. makasih

  19. mantab sekali pak syeikh, sangat menggugah sekali, he..he..he…
    memang susah mendapatkan cinta sejati itu, tapi kalo kita tetap istiqomah, Insya Allah, Allah akan mempertumukan dua insan yang saling mencintai kerena mengharapkan ridho-NYA

  20. Hnurhidayah said

    Mas penulis udah menemukan
    Cinta sejati pa blm?
    Smog sudah yaa! !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: