Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Curhat Seorang Anak Manusia

Posted by Ahmad Farisi on 3 September 2009

Sehabis ujian saya langsung cepat-cepat pulang ke rumah. Siang ini saya merasa sangat lelah karena semalam kurang tidur, diktat yang tebal dan jaraknya cuma sehari memang sangat merepotkan, apalagi kalau dosen bilang bahwa semua dalam buku itu akan diujikan, waahh….wahh…???

Sesampai di rumah, langsung kubaringkan tubuh yang lemas ini, aku ingin tidur dan tak ingin seorangpun membangunkanku. Tak lama kemudian terdengar suara Dok dok dok…, dok dok dok…! Suara itu terdengar begitu keras mesuk ke telingaku. Ah siapa sih…? Tanya ku dalam batin.

Ada kakek tua yang memukuli pintu rumahku dengan tongkat.

Kakek ini siapa…? mau apa…?. Tanyaku terkejut.

Lho lho…, kan kamu yang sedang mimpi? Jawabnya ringan, lalu tertawa lebar…ha ha ha….aku Mbah Maridjan (MM), penunggu gunung Merapi.

AKU:

(Haa…!!! Mbah Maridjan hadir dalam mimpiku???)

ya udah… katakan sekarang, apa perlunya mbah datang kemari?.

MM:

Saya tidak perlu apa-apa dari kamu, saya hanya ingin ngomong sebentar denganmu.

AKU:

Tidak bisa! saya sangat sibuk hari ini, saya capek… saya tidak punya waktu,

lain kali aja! Please deh mbah!

MM:

Walaupun hanya lima menit saja?.

AKU:

Pokoknya tidak bisa, titik!.

MM:

Kamu sedang punya masalah besar anakku, kamu harus sadar itu.

AKU:

Oke, oke kalau begitu, sekarang jawab! Mengapa hidup ini sangat membosankan?

Hidup ini penuh dengan masalah!.

MM:

kamu memilih hidup di dunia ini adalah sebuah masalah,

perpikir untuk hidup yang tanpa masalah, adalah masalah besar,

jangan berpikir mengapa ada masalah, perpikirlah mencari solusinya.

AKU:

Menurut mbah, mengapa kita manusia sering merasa cemas dan kurang begitu senang dengan keadaanya?

MM:

Hari ini adalah hari yang mana kemarin kamu khawatirkan.

Kamu merasa khawatir, karena kamu selalu disibukkan dengan hari esok yang belum tentu kamu jumpai, kekhawatiran sudah menjadi kebiasaanmu, sehingga kamu tidak pernah merasa senang dengan keadaannya.

AKU:

Tapi bagaimana mungkin manusia tidak khawatir, kalau hidup ini penuh dengan ketidakpastian?

MM:

Ketidakpastian adalah rahasia Tuhan,

dan ia adalah sebuah ujian.

Tapi kekhawatiran adalah sebuah pilihan.

AKU:

Banyak manusia yang merasa sakit karena ketidakpastian itu, mbah.

MM:

Rasa sakit tak bisa dihindarkan, dan ia adalah sebuah ujian.

Tapi penderitaan adalah sebuah pilihan.

AKU:

Ketidakberhasilan terkadang membuat saya menderita,

apa yang harus saya lakukan?

MM:

Keberhasilan adalah ukuran yang dibuat orang lain,

Kepuasan adalah ukuran yang kamu buat sendiri.

Berpikirlah positif, kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda.

Jadikanlah itu sebagai batu loncatan.

AKU:

Kadang-kadang saya perpikir,

seandainya saya adalah mereka orang yang sukses.

Harus menjadi siapakah saya ini?

MM:

Jadilah diri kamu sendiri.

Kamu adalah apa yang kamu pikirkan tentang diri kamu.

Jika kamu melihat ke luar, kamu akan bermimpi.

Jika melihat ke dalam, maka kamu akan bangkit.

AKU:

Sebenarnya apa kunci yang membuat orang sukses?

MM:

Pertama, dekatlah pada yang memberi kesuksesan.

Ikutilah keingintahuan kamu dan ciptakan tujuan, jangan pernah takut untuk mencoba, ketakutan adalah musuh kreativitas, hal itu sangat mencengkram kamu

Lakukanlah melebihi apa yang harus kamu lakukan.

Bekerjalah dengan kompas, biarlah orang lain bekerja hanya dengan waktu.

AKU:

Kalau begitu, sebenarnya apa faktor yang sering membuat kegagalan banyak orang?

MM:

Mentalitas menunggu adalah faktor terbesar pembentuk kegagalan.

Kamu tidak akan pernah menang jika kamu tidak pernah memulai.

Lakukanlah sekarang juga, kekosongan adalah musuh yang mematikan.

AKU:

Oh ya mbah, beritahu saya, kesalahan apa yang sering berulang pada manusia?

MM:

-Menyia-nyiakan waktu luang dan kesehatan.

-membicarakan hal-hal yang kurang berguna.

-memberikan porsi perhatian yang terlalu besar terhadap permasalahan yang sepele.

AKU:

Sebenarnya apa yang unik dari manusia?

MM:

Jika sedang tertimpa musibah, mereka bertanya, mengapa harus aku?

Jika menerima kenikmatan, tak ada yang parnah bertanya, mengapa harus aku?

AKU:

Kriinggg, kriingg kringg), menurut mbah, itu suara apa?)

MM:

Itu suara alrm HP kamu, kamu harus bangun. Aku harus pulang lagi, memberi arahan pada wargaku di lereng gunug Merapi, aku harus menyadarkan mereka bahwa hidup ini sebenarnya penuh tantangan dan diliputi berbagai bahaya, sehingga jangan sampai kita lalai.

AKU:

Satu lagi mbah…satu lagi. Nasehat mbah untuk saya dan teman-teman saya?

MM:

Berusahalah selalu memperbaiki diri dan jangan pernah berhenti berpikir. Tuhan memberi kita satu mulut dua telinga, agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Persiapkanlah dirimu matang-matang agar bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Itu sudah…bye…!

AKU:

Matur nuwun mbah Marijdan.

MM:

Yup… sampai jumpa lagi pada mimpi-mimpi berikutnya.

33 Responses to “Curhat Seorang Anak Manusia”

  1. dialog dengan pelajar buat kita semua, ini nasehat yang berguna. terima kasih telah menulis ini. dan setiap kata dari siapapun kalau itu bermanfaat patut kita ikuti. Selamat menjalan kan aktivitas romadhon

  2. Siti Fatimah Ahmad said

    Assalaamu’alaikum

    Bicara mimpi yang sungguh mengkagumkan. memberi rasa insaf dan kesedaran atas setiap keluhan yang tidak sepatutnya ada kepada manusia yang hebat dan cemerlang yang dihadirkan Allah ke dunia untuk menghadapi segala tantangan dan seribu macam onak duri yang melanda. Apa boleh saya mengutip posting ini untuk simpanan saya dan jika ada masa, mahu saya postingkan juga di laman saya sesudah diterjemahkan ke bahasa melayu Malaysia.

    Yang lebih mengesankan adalah bicara ini:
    “Berusahalah selalu memperbaiki diri dan jangan pernah berhenti berpikir. Tuhan memberi kita satu mulut dua telinga, agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara.”

    Terima kasih dulu, jika izinnya bakal diperolehi. Salam mesra selalu buat Ahmad Farisi. Semoga damai dan bahagia di bulan ramadhan ini.😀

    Wa’alaykumussalam Wr. Wb.

    Selamat datang ustadzah….
    senang atas kunjungannya, oh silakan dikutip seluruh atau sebahagian posting ini, dan kemudian disesuaikan dengan bahasa Malaysia.
    saya ucapkan selamat beraktifitas, semoga cikgu diberi kemudahan oleh Alloh dalam setiap programnya.

  3. itu mimpi beneran ketemu mbah marijan? hehehe he em, mimpinya bagus banget….penuh makna, betul….yang namanya manusia masih bernyawa itu tak akan terhindar dari yang namanya masalah, hilang masalah satu akan datang lagi masalah2 yang lain, bisa jadi juga kan datang masalah yang bersamaan ^_^

    Iklan Gratis

  4. Hary4n4 said

    Ini sebutah motivasi yg sangat berharga utk kita semua… Makasih udah mau berbagi ini…
    Salam hangat dan damai selalu…

  5. blue baik baik aza bang…senang dech blue dengar panggilan akhi lagi………..telah lama blue kagak bersua sahabat sahabat seliqo nich, semoga akhi sehat juga ya
    antum sellau membuat blue mengingat sahabat sahabat pengajian jadinya heheh………….
    salam hangat selalu

    Alhamdulillah kalau baik2 saja. ana juga sehat. mengapa ana membuat blue mengingat sahabat pengajian? apakah karena ana memanggil blue dg kata “akhi”? he he he…
    ana jg senang berkumpul dg para pemuda untuk mengaji. mereka berkumpul bukan karena ikatan keluarga, tp karena kecintaan kpd agama yg mulia (Islam
    )

  6. Eko Madjid said

    Mimpi yang penuh sejuta makna…
    Semangat terus berkarya ya…

  7. mahardhika said

    hmmm banyak hikmah yg bisa kita petik dari percakapan ini ya????

    terus berbagi mas…. keren deh pokoknya.🙂

  8. Eyzz yuzhar said

    Assalamu’alaykum…
    Cerita yg unik
    byk ibroh dan wasiat yg trkandung di dalamnya
    moga mimpi kaka jadi kenyataan,
    nanti mbah marijannya dibawa ke pemalang ya?
    Kalo perlu disuruh pindah dari gunung merapi ke gunung slamet biar lebih dekat sama ana di sini

  9. Assalamu’alaikum,
    Tulisan yang menarik, cara penuturannya ringan, ada hikmah yg bisa kita petik.

  10. japspress said

    nice dream…
    kapan-kapan kalo si mbah datang lagi salam buat mbah
    sudikah mbah mampir ke mimpi saya sekali-kali
    hehehe

    salam

    -japs-

  11. ana datang bang
    semoga antum sehat selalu yah
    oya met berbuka puasa
    masih liqokah?
    habiz lebaran blue akan kembali liqo makanya akan rehat dari bloq
    sennag antum tak marah salah sat postinganmu jadi sebuah surat eterakhirnya blue
    makasihya………….
    salam hangat selalu

    fb blue
    bachtiar,fakih@gmail.com

  12. salah yg diatas
    fb blue
    bachtiar.fakih@gmail.com
    salam hangat selalu

  13. tutinonka said

    Hmm … dialog imajiner yang menarik … inspiratif.
    Terimakasih telah berbagi mimpi 🙂

  14. hanhan said

    Mimpi yang indah dengan isi tentang bagaimana melihat suatu kearifan pola pikir yang dapat berguna bagi kehidupan kita, nice post….🙂

  15. nh18 said

    HHmmmm …
    Ini sebuah mimpi yang dalam
    Ini sebuah mimpi yang panjang

    Maknanya bagus sangat

    Salam saya

  16. Caride™ said

    kunjungan perdana, sekaligus ingin bersilaturrahmi..
    tulisan yg penuh makna, semoga ttp seperti ini adanya yah…😉

    salam, ^_^

  17. ” urip kudu rosa ”
    heheheh

    Dalem banget artikelnya…
    thnx 4 visiting my blog yah….

    salam kenal untuk semuanya… ^^

  18. cantigi™ said

    wa alaikumsalam, salam kenal juga ya. makasih udh ke cantigi. artikelnya filosofis. suka filsafat ya.. ^_^

  19. Assalamu’alaikum,
    InsyaAllah bisa Pak, tolong email saja alamat Bapak di Kairo, ke alamat email saya yang tertera di blog ini, nanti setelah Lebaran, buku ke tiga saya selesai di cetak/terbit (InsyaAllah awal Oktober), saya akan hub Penerbit saya untuk mengirimkannya ke Bapak. Terima kasih. (Dewi Yana)

  20. wigati said

    Wuihh..mantab. Kalo tiap malem mimpinya gini terus, bisa jadi sufi ya mas😀
    Makasih pencerahannya…

    sufi…??? suka film masud sister…
    ga mau jadi sufi ah kalau suka film heheheh…:D

  21. wah, benar sekali tuh Mas, punya 1 mulut dan 2 telinga agar lebih sering mendengar dr pada bicara.
    manusia yg selalu merasa resah dan takut dgn kegagalan adalah manusia yg kurang bersyukur, selalu melihat yg tdk dipunyai, dan tdk mensyukuri apa yg dia punya.
    renungan nya yg sangat bagus nih Mas, utk introspeksi diri.
    Salam.

  22. bukan sekedar mampir namun merehatkan diri di rumahmu
    salam hangat selalu

  23. treante said

    bener banget tuh. kadang aku juga mikir, kenapa ada masalah? tapi kemudian saat aku sendiri aku nemuiin jawabannya, mungkin itulah kenapa hidup dikatakan berwarna🙂

    juga kenapa pusing mikirin masa depan. Kita gag punya keahlian cenayang bro, jadi kenapa kita merasa sombong, seolah udah tau apa yang bakal terjadi di masa mendatang😉

    *mari bertukar link, cek link kamu di bridge to earth ya🙂

    btw, salam kenal😛

  24. nengthree said

    Nice!
    Obrolan yang menarik..
    Inspiratif banget.
    Setidaknya jadi suntikan motivasi untuk sayah yg juga sedang merasa bosan menjadi manusia tidak berguna hehe..
    Semangat!
    Semangat!
    Semangat!
    Berhasil!
    Trimakasih😀

  25. udienroy said

    salam kenal ajah hmmm bagus atuh post hehe ohya skalian Berkunjun mau ngucapin semoga sukses selalu dalam menjalankan beribadah puasa khusus muslim

  26. Dangstars said

    mimpi nya segitu dramatis..alias asik..dan patut dicermati..
    Good luck.
    Sukses selalu

  27. ontohod said

    waduh mbah marijan bijaksana, kalomat motivasi yang mantap

  28. bluethunderheart #
    ya silakan… salam hangat kembali…

    treante #
    makasih dah di link… insya ASlloh segera saya link balik.

    nengthree #
    terima kasih… blog u sangat menarik…

    udienroy #
    selamat menjalankan ibadah puasa juga…

  29. selepas lebaran ana akan liqo lagi dan mudah mudahan tata cara berposting blue agak sedikit dewasa yah…….heheheh
    salam hangat selalu
    pa cabra antum disana?

  30. zipoer7 said

    Salam Takzim,
    Selamat pagi blogger Indonesia, sukses selalu

  31. mamaray said

    Tulisan yang bagus Mas, saya jadi diingatkan kembali… boleh ya kata-kata Mbah Marijan saya cuplik. Salam kenal, kita berteman ya…

  32. Woww..Kenapa saya baru menemukannya sekarang yawh(artikel ini)….
    Allah memang menunjuki arah kepadanya hamba-Nya dengan caranya sendiri..Alhamdulillah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: