Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Lebih Baik Poligami Daripada Selingkuh!

Posted by Ahmad Farisi on 21 February 2009

flower1Kalau hanya melihat judul, sepertinya judul di atas memang sangat profokatif sekali, bisa diprediksi bahwa tulisan tersebut pasti isinya penulis ingin mensosialisasikan poligami. Maka saya katakan bahwa prediksi itu salah, soalnya pembahasan di sini sama sekali tidak menyinggung masalah poligami, apalagi pernikahan dini yang pernah hangat dibicarakan di Indonesia. Untuk masalah yang seperti ini, lebih baik saya tutup mulut dulu, kita kembalikan saja kepada diri sipelaku masing-masing.

 

Kalau kita rasakan dan kita cermati, Indonesia sekarang ini sedang mengalami dekadensi moral yang akut. Perselingkuhan atau sering juga dikategorikan sebagai penyakit masyarakat, seakan sudah menjadi hal yang biasa saja. Bukan hanya ada di dunia selebriti saja, bahkan anggota DPR yang seharusnya bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, ternyata juga sudah mulai terjangkiti penyakit berbahaya ini.

 

Semua orang tentu tidak akan senang bila mendengar atau melihat orang yang ia sukai berselingkuh dengan orang lain. Betapa sakitnya hati seoarang suami, yang bekerja keras membanting tulang untuk menjemput rizki, bahkan terkadang harus ngelembur kerja di kantor, hanya untuk bisa membahagiakan sang istri yang sangat ia sayangi, ternyata ketika pulang, didapati istrinya di rumah sedang bermesraan dengan lelaki lain. Oh hancurnya hati seorang istri yang ditinggal suami, sedang ia mengurus rumah dan anak-anaknya sendirian, dan ternyata mendengar kabar bahwa suaminya selingkuh dengan perempuan lain.

 

Fenomena yang kurang sehat tersebut sudah ada ditengah-tengah masyarakat kita, bahkan mungkin sudah ada di keluarga kita sendiri. Masalah penyakit masyarakat ini sebenarnya bisa diminimalisasi dengan cara merubah gaya hidup kita sendiri. Sederhananya adalah, kalau kita tidak ingin pasangan kita selingkuh, maka kita juga harus hati-hati jangan sampai selingkuh. Kalau kita tidak ingin salah satu anggota keluarga kita diselingkuhi orang lain, maka kita juga berusaha untuk tidak menyelingkuhi keluarga orang lain.

 

Pernah pada suatu ketika ada seorang pemuda yang bertanya kepada Rasulullah, “wahai Rasulullah, kalau saya masuk Islam bolehkah saya berzina?” maka dengan kejeniusannya, beliau balik bertanya, relakah kalau anakmu dizinai orang lain? tentu tidak, jawab pemuda itu. Kalau ibumu dizinai orang lain? lanjut Rasulullah. Aku tidak akan rela, jawab pemuda itu lagi. Nah begitulah orang lain pun tidak akan rela keluarganya dizinai orang lain.

 

Terkadang ada seorang suami yang sudah baik sekali pada istrinya, kebutuhannya sudah dipenuhi, apa yang ia mau juga sudah dituruti, namun istrinya masih mau saja dengan orang lain, maka tipe perempuan seperti ini memang bukan tipe perempuan yang setia. Atau mungkin figure suami yang kurang bisa menjadi panutan dan pelindung baginya. Ada juga seorang istri yang sudah setia dan penyayang kepada suami, urusan rumah tangganya selalu beres, menjaga kehormatannya ketika di tinggal suami, namun suaminya masih berani melirik wanita lain.

 

Bagi istri yang baik, beranikan diri untuk menanyakan langsung kepada suaminya. Adakah sebenarnya kebutuhan suami yang belum terpenuhi, atau ada alasan lain yang membuat suami mencari pasangan baru. Jangan biarkan suami berhubungan dengan wanita lain tanpa ikatan yang sah, apalagi malah balas dendam dengan melakukan hal yang sama Karena hal itu justru akan menjadikan keluarga hancur berantakan, akan merusak hubungan keluarga secara total, bahkan akan lebih sakit lagi daripada sakitnya dimadu suami. Tulisan ini hanyalah sebuah pendapat, yang bisa jadi salah atau kurang tepat. Maka silahkan pembaca memberi saran, kritik, dukungan maupun pandangan lain yang dapat memperkaya wawasan kita, terima kasih. (ah/frs)

9 Responses to “Lebih Baik Poligami Daripada Selingkuh!”

  1. YaNoWa said

    ya mending jangan dua-duanya wis…
    # ya iya lah masa ya iya dong he he he….

  2. myself said

    Klo suami sih mending cari wanita lg, btw buat nikahin…
    Tp klo istri selingkuh…(naudzubilah min zalik…) Cere’in aj dah, rajam klo bs mah.

    # ahmad farisi
    hmmm, baik suami maupun istri kalau selingkuh ya sama2 biadabnya. pernikahan itu adalah perjanjian yg kokoh dan disaksikan oleh banyak orang serta seisi langit, selingkuh adalah melanggar perjanjian.

  3. sevilla99 said

    Manusia di dunia ini sangat kompleks dan berbagai tipe sikap dan sifat…ada yang setia ada juga yang tipe selingkuh..namun selingkuh hingga kapanpun jelek di mata masyarakat sosial dan di hadapan Tuhan.

    Jadi ikuti aja lagu yang berjudul : Jangan Pernah Kau Selingkuh…

    atau lagunya Merpati band : Tak Selamanya Selingkuh Itu Indah…

    # Yup betul sekali…saya setuju…! namun kadang sesuatu yg tabu n jelek klo sdh membudaya bisa dpndang sbgai hal yg biasa2 aja. Mulailah dr diri kita msng2 untk tidak terjerumus virus ini. kemudian keluarga kita.

  4. aisyah_21 said

    Assalamu’alaikum

    judulnya seharusnya buka seperti itu karena esesnsinya adalah menjelaskan ttg selingkuh itu kan ka?hmmm,sangat menarik jika poligami dan selingkuh dibahas secara bersamaan jika mw memakai judul di atas, but actually its good writing (opo iki sok english n_nv)..

    mengingatkan diri sendiri juga mengingatkan orang lain tuk tidak selingkuh karena sejatinya manusia tidak ada yang sempurna..imannya harus dibentengi dgn sekokoh mungkin karena godaan akan senantiasa dtg, tul ga ka? hihi

  5. ya betul tuh lebih baik poligami dari pada selingkuh.,.,dah nyata di bolehin agama kok maw dilarang gmn sih pemerintah.,.,. 3:)

  6. Tivisiana said

    wah gimana ya soal yang satu ini masih bingung hehehe belum cukup umur

  7. Tivisiana said

    Klo suami sih mending cari wanita lg, btw buat nikahin…
    Tp klo istri selingkuh…(naudzubilah min zalik…) Cere’in aj dah, rajam klo bs mah.

  8. nanangqu said

    Buat istri yg suka selingkuh mending minta cerai aja walau cerai itu di benci sama allah tapi ma halal

  9. Hnurhidayah said

    Sebagai istri kita udah berusaha
    Menjaga lidah, menyanyangi
    Semampu kita,membantunya
    Dlm kegiatan economy
    Tapi suami ttp selingkuh
    Gemana too mas…??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: