Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Ketika Sidebar Blog Melorot

Posted by Ahmad Farisi on 21 February 2009

Oleh fatihsyuhud.com
Yang namanya melorot itu terkesan tidak enak dan malu-maluin. Baju melorot, celana mlorot dan blog melorot. Sama tidak enaknya, bukan? Apa penyebab blog melorot? Pada dasarnya blog memiliki dua halaman penting yg diintegrasikan jadi satu. Pertama, sidebar, yaitu bagian samping sebuah blog tempat menu arsip, menu link posting dan link alamat blog teman-teman kita. Kedua, halaman posting, tempat postingan atau artikel kita tampil secara penuh.

Kedua faktor penting–side bar dan halaman artikel– itu sudah dibentuk sedemikian rupa supaya terintegrasi secara pas dan enak dipandang dalam satu halaman. Nah, apabila salah satu dari kedua faktor tsb. dimasukin sesuatu yg melebihi ukuran, maka terjadilah blog yg melorot/mlorot tadi. Dengan kata lain, melorotnya blog itu terjadi karena ada sesuatu (plug-in, banner, chicklet, search engine, dll) yg dipasang di sidebar atau halaman artikel yg melebihi ukuran alias kepanjangan/kelebaran alias oversized.1. SidebarUmumnya ukuran lebar maksimum yg bisa dipasang di sidebar blogger/blogspot tidak boleh melebihi 200 pixel. Idealnya 160 pixel. Apabila melebihi 200 pixel, maka sidebar akan melorot ke bawah, dan terjadilah pemandangan yg “memalukan” tsb.

2. Halaman Posting

Artikel yg ditulis di halaman posting umumnya akan secara otomatis menyesuaikan diri dg lebar halaman. Akan tetapi, ada beberapa karakter tulisan yg tidak bisa menyesuaikan diri dg lebar halaman, dan apabila ini terjadi, maka sidebar juga akan melorot. Berikut beberapa contoh karakter yg tidak dapat turun sendiri.

Beberapa contoh karakter tulisan yg tidak bisa menyesuaikan diri dg lebar halaman adala sbb:

a. Alamat link URL

Alamat link URL terkadang sangat panjang sampai melebihi panjang halaman posting, dan repotnya ia tidak bisa menyesuaikan diri. Apabila ini terjadi, maka sidebar kita akan melorot.

b. Beberapa karakter seperti tanda minus “—” atau garis bawah “___” atau sama dengan “========” kalau ditulis sangat panjang melebihi lebarnya alokasi halaman posting juga akan membuat sidebar kita melorot.

c. Plug-in dan Banner

Hati-hati dalam memasang banner iklan, iklan adsense, atau search engine di halaman posting. Lebarnya jangan melebihi kapasitas halaman posting karena akan membuat sidebar Anda melorot.

Apabila kesalahan-kesalahan yg tsb. di atas tidak terdapat di blog Anda, tapi blog masih saja melorot, maka berarti ada kesalahan kode HTML Cara termudah untuk mengatasi hal ini adalah dg membuat template baru. Sebelum merubah template baru, jangan lupa untuk men-saving link-link yg sudah terpasang di sidebar untuk nantinya dapat dipasang lagi. Untuk posting tidak perlu kuatir, begitu template baru dipilih, arsip file posting akan muncul kembali.[]

9 Responses to “Ketika Sidebar Blog Melorot”

  1. YaNoWa said

    kita harus selalu teliti melihat blog kita

  2. look at dindasmart.com melorot… memalukan sekali… kalo udah melorot, bisa dibenerin??

  3. Pakulangit said

    Pernah kejadian di awal-awal posting, dua postingan tumpang tindih ga beraturan. itu kenapa ya Mas?… Terima kasih infonya…

  4. Saung Web said

    duh ini terjadi pada blogku saat ini makanya lagi nyari tips utk betulinnya nih… gara2 edit posting jadi pada melorot

  5. istanakunang said

    Assalamu’alaikum ww,
    Mas mau tanya, sidebar blogger sy turun ke bawah tuh, udah sy edit ukuran height dan weight, tapi kok tetep nggak ke samping ya sidebarnya? Cara lain yang di bagian /* Content, /* Posts, dan /* Sidebar Content saya ganti beberapa tag dan ada yang sy tambah tag, kok tetep tuh sidebar nggak mau side yah (hehe) tetep di bottom ajah gitu. Wah saya binun nih. Mohon dibantu yah, Mas dan temen2 blogger🙂 Makasie… Ilmu anda akan bermanfaat buat saya n’ berpahala, amiin..
    Wassalam..ww

  6. ratna said

    ini sering sy alami mas dan pasti bikin sy senewen, makasih infonya ya

  7. abusyafiq said

    saya pernah masang text, stelah itu sidebar turun… pas saya delet lagi text widgetnya ko tetep turun…kenapa yah

  8. Pereira said

    maklasih mas info n tutorialnya🙂

  9. […] Di Blog • Cara Membuat Page Atau Halaman Di WordPress • Tips Memasang Widgets Di Sidebar • Ketika Sidebar Blog Melorot • Cara Membuat Read More Di WordPress • Cara Memasang Favicon di WordPress This […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: