Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Setiap Hari 1500 Jamaah Haji Kunjungi Musium Bangunan Haramain

Posted by Ahmad Farisi on 3 December 2008

Makkah, al-Nadwah. Musium Bangunan Haramain setiap harinya dipadati oleh lebih dari 1500 pengunjung dari jamaah haji. Direktur Musium, Muhsin as Silmy menjelaskan bahwa musium tersebut khusus untuk memajang elemen arsitektur dan ukiran tulisan yang berkaitan dengan bangunan al-Haramain as-Syarifain. 

Musium ini dibangun diatas tanah seluas 1200 meter persegi, di samping pabrik kiswah Ka’bah di kawasan Ummul Jud. Musium tersebut memperhatikan desain simetris antara pola arsitektur Islam dan model arsitektur yang berbeda untuk bangunan Masjidil haram. Isi dalam musium itu juga didesain bisa bergerak-gerak, hal itu untuk memudahkan para pengunjung melihat-lihat semua pameran, serta memudahkan untuk memindah-mindah pameran ke ruangan-ruangan yang lain.

Musium ini telah dibuka sejak bulan Syawal 1420 H. yang lalu, dan terbagi menjadi 7 ruangan yaitu: ruang penerimaan, ruang Masjidil Haram, Ruang Ka’bah, ruang foto, ruang manuskrip-manuskrip, ruang Masjid Nabawi dan rung Zamzam.

Assilmy mengisyaratkan bahwa Musium tersebut juga memajang mushaf-mushaf tulisan tangan yang indah serta potongan peninggalan, sebagaimana musium tersebut juga menyimpan salah satu tiang Ka’bah dari kayu, tertulis tahun 65 H.

Ia menuturkan bahwa selama musim haji, rata-rata jumlah pengunjung setiap harinya antara 1000 sampai 1500 orang. Musium dibuka dari jam 7 pagi hingga jam 10,30 malam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: