Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Indahnya Ramadhan Di Negeri Anbiya’

Posted by Ahmad Farisi on 6 September 2008

Negeri Anbiya’ atau negeri para nabi adalah julukan untuk bangsa Mesir, hal ini didasarkan oleh banyaknya nabi yang diturunkan atau diutus di Mesir, seperti nabi Musa, Harun dan Yusuf, selain negeri para nabi, Mesir juga terkenal dengan julukan Ardhul Kinanah (bumi Kinanah). Mesir merupakan salah satu negeri yang mempunyai peradaban tinggi dan tertua di dunia, peninggalan-peninggalan sejarah seperti benteng Shalahuddin al Ayyubi, Piramida, Spinx, dan peninggalan-peninggalan kerajaan Fir’aun lainnya masih terjaga sampai sekarang, bahkan sebagiannya ada yang baru ditemukan sehingga sangat menarik minat para pelancong manca Negara untuk berkunjung ke Mesir.

Merasakan bulan suci Ramadhan di Mesir merupakan sebuah kesyukuran dan kesan tersendiri, yang barang kali belum tentu kita temukan di Negara lain. Dalam menyambut bulan suci, biasanya orang-orang Mesir akan membuat berbagai macam jenis manisan untuk berbuka puasa, mereka juga mengadakan ceramah-ceramah di masjid yang berkaitan dengan keutamaan bulan Ramadhan, sehingga orang-orang dapat mengambil manfaatnya secara langsung dan mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang mulia dan penuh barakah. Hal yang menarik dari orang Mesir adalah sifat kesadaran dan sikap saling menghormati, di siang hari bulan Ramadhan, biasanya restaurant-restaurant dan warung-warung makan tutup, ia baru akan dibuka kembali menjelang buka puasa sampai waktu sahur selesai guna melayani para Sha’imin (orang-orang yang berpuasa).

Bulan Ramadhan adalah syahrul Qur’an, dimana pada bulan inilah al-Qur’an al-Karim diturunkan, sehingga setiap selesai shalat fardhu, masjid-masjid di Mesir selalu diramaikan oleh orang-orang yang membaca al-Qur’an, bahkan tidak jarang kita temukan orang-orang yang membaca al-Qur’an di bis-bis umum, jalan-jalan, pertokoan dan perkantoran, sungguh pemandangan yang menyejukkah qalbu dan membangkitkan semangat. Kesadaran orang Mesir akan keutamaan bulan Ramadhan sangat tinggi, hal ini tidak terlepas dari pemahaman agama mereka serta ceramah-ceramah para syaikh tentang keutamaan bulan yang penuh ampunan dan rahmat ini, kedermawanan mereka pada bulan Ramadhanpun meningkat, banyak orang-orang kaya maupun perusahaan-perusahaan yang membuka jamuan gratis buka puasa di pinggir-pinggir jalan, jamuan gratis atau yang dinamakan “Maidah Rahman” disediakan bagi para musafir atau orang-orang yang kurang mampu, menunya biasanya nasi lemak campur makrunah, ayam bakar dan sayur.

Komunitas Indonesia di Mesir sekarang jumlahnya lebih dari lima ribu jiwa, 90% di antaranya adalah mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Al-Azhar, sebuah universitas tertua di dunia, mereka tersebar di beberapa kota seperti Kairo, Zaqaziq, Manshoura, Zamalik dan Thantha. Di daerah Dokky terdapat masjid yang diberi nama Masjid Indonesia Kairo (MIK), masjid ini dibangun untuk komunitas Indonesia, dan di lantai atasnya digunakan untuk sekolah dengan nama Sekolah Indonesia Kairo (SIK), sebuah sekolah bergengsi untuk anak-anak Indonesia di Mesir yang mayoritasnya adalah anak-anak para pejabat KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia). Pada bulan Ramadhan, MIK dengan dana dari para pejabat kedutaan, biasanya menyediakan angkot antar jemput bagi para mahasiswa Indonesia yang mayoritasnya bermukim di kawasan Nasr City , di MIK masyarakat dan mahasiswa Indonesia malaksanakan shalat tarawih bersama, kemudian dilanjutkan dengan ceramah keagamaan dan diakhiri dengan jamuan makan ala masakan-masakan Indonesia, hal itu dilakukan untuk mempererat silaturrahmi antar warga dan melepaskan kerinduan akan masakan tanah air. (Ah/Frs)

One Response to “Indahnya Ramadhan Di Negeri Anbiya’”

  1. Fajri said

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Kunjungan balasan nih pak. Semoga sukses aja di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: