Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Cara Menyikapi Kegagalan

Posted by Ahmad Farisi on 23 August 2008

oleh: Ahmad Farisi

situs: http://www.ahmadfarisi.wordpress.com

Tidak ada seorangpun yang menginginkan gagal, juga tak ada seorangpun yang bisa menolak kegagalan, kegagalan sering datang secara tiba-tiba tanpa kita prediksi sebelumnya, kita hanya bisa terkejut, sedih,😦 kalut, dan menyesal, akan tetapi kesedihan dan menangisi kegagalan secara berlarut-larut tidak akan bisa merubah keadaan menjadi lebih baik, justru ia hanya akan memperparah keadaan dan membunuh kreatifitas kita. Jadi..?? Ingatlah..! bahwa kegagalan maupun keberhasilan hanyalah ukuran yang dibuat orang lain, sedangkan kepuasan adalah ukuran yang Kita buat sendiri,🙂 so mengapa kita harus mengukur bahwa kita adalah orang yang gagal?

Semua orang pernah mecicipi kegagalan kecuali bagi orang yang belum pernah berbuat dan mencoba sesuatu, hanya saja ada perbedaan dalam menyikapinya, bagi orang yang negatif, kegagalan merupakan jembatan yang mengantarkan ke jurang kematian, ia takut untuk mencoba lagi, ia memilih berdiam diri agar tidak gagal. Tapi bagi orang yang positif, kegagalan adalah jembatan yang mengantarkan kesuksesan, ia jadikan kegagalan sebagai batu loncatan bagi keberhasilan, ia berusaha memperbaiki diri dengan belajar dari kegagalan, ia mampu membuka jendela baru dan tidak pernah takut untuk mencoba lagi.

Pernahkah Anda gagal??? Entah itu gagal berbisnis, gagal ujian naik tingkat, atau gagal memenuhi target yang seharusnya dapat nilai jazzid jiddan tapi ternyata hasilnya tashfiyah (ninggal mata kulliah dan harus mengulang), atau gagal merebut kekasih orang, hus…huss…ga boleh, ingatlah bahwa semua itu ada hikmanya, dan Anda bukanlah satu-satunya orang yang pernah gagal, Anda adalah bagian dari orang yang sukses. Kalau kita membaca profilnya orang-orang yang sukses, maka kita akan tahu bahwa kegagalan mereka lebih banyak dari pada kita, (menghibur diri nie…?).😀
Keberhasilan itu pasif, sehingga kitalah yang harus aktif menjemputnya, pun tidak ada pil panunjang keberhasilan, sehingga kita yang harus menyiapkannya masak-masak.

One Response to “Cara Menyikapi Kegagalan”

  1. john said

    kegagalan itu tidak akan selamanya, maka janganlah pernah menyerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: