Catatan Kehidupan ElFaRis FeLisTaNo

Never too old to learn and to do

Jumlah Jamaah Haji Tiap Tahun Terus Meningkat

Posted by Ahmad Farisi on 10 December 2008

Mina, al-Nadwah. Jumlah jamaah haji selama 78 tahun telah mengalami peningkatan berpuluh-puluh kali lipat. Hal ini tidak terlepas dari peran Pemerintah Arab Saudi dalam membangun proyek-proyeknya di Makkah, Madinah dan Masyairul Muqaddasah (Arafah, Muzdalifah dan Mina).

Proyek yang paling nampak adalah perluasan dua tanah suci, Makkah dan Madinah, pembangunan terowongan untuk kendaraan serta jalan-jalan yang menghubungkan Makkah dengan Armina (Arafah, Muzdalifah dan Mina), yang semuanya adalah demi kemudahan tamu-tamu Allah dalam melaksanakan ibadah hajinya serta menjamin keselamatan mereka.

Kerajaan Arab Saudi (KAS), sejak zaman pendirinya Raja Abdul Aziz bin Abdurrahman Al Saud telah menjadikan pelayanan kepada tamu-tamu Allah sebagai prioritas perhatiannya. Dengan izin Allah dan atas kepemimpinan Khadimul Haramain, maka KSA mampu melaksanakan kewajibannya dalam melayani jamaah haji serta menjaga Masyairul Muqaddasah, dimana ia telah mengorbankan segala kesungguhannya demi memberikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu Allah dalam segala bidang, seperti keamanan, kesehatan, air, transportasi dan lain-lain.

Pemerintah Saudi pada masa Khadimul Haramain, Raja Abdullah bin Abdul Aziz telah membangun berbagai proyek pengembangan di Makkah, Madinan dan Masyair, barangkali proyek yang paling menonjol adalah pembangunan jembatan jamarat dan sekitarnya di Mina.

KSA terus melakukan peningkatan pelayanan jamaah haji dan terus membuat perencanaan proyek-proyek baru untuk melayani tamu-tamu Allah. Proyek yang saat ini tengah dilaksanakan antara lain perluasan tempat sai, perluasan halaman masjidil haram, dan pembangunan jalan-jalan raya, disamping juga ada gagasan baru membangun kereta api untuk mengangkut jamaah haji di Armina.

Dengan membaca jumlah jamaah haji yang datang dari luar sejak tahun 1350 H hingga tahun ini 1429 H, maka kami melihat bahwa jumlah jamaah haji yang datang dari luar kerajaan telah mengalami peningkatan yang tajam. Sebelumnya jumlah jamaah hingga tahun 1369 H tidak mencapai seratus ribu jamaah, namun setelah itu terus mengalami peningkatan, hingga sekarang jamaah yang dari luar saja mencapai 1 juta, 729 ribu 841, belum termasuk jamaah haji penduduk asing yang tinggal di Arab Saudi.  (ah/frs)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: